Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Pulau Laut Timur, Kotabaru

Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Pulau Laut Timur, Kotabaru


Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Pulau Laut Timur, Kotabaru - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari kelasnya, kawasan ditanamna, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, walau pun berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah mengerti karakter dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun hendaknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Pulau Laut Timur, Kotabaru


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat serta resistan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling mencolok yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karena rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi risalah di halaman Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Mesin Coffee Maker Di Pulau Laut Timur, Kotabaru, semoga ada gunanya.

0 comments