Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi Di Berbak, Tanjung Jabung Timur

Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi Di Berbak, Tanjung Jabung Timur


Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi Di Berbak, Tanjung Jabung Timur - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai tipenya, area peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua pernah paham karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi Di Berbak, Tanjung Jabung Timur


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga tahan penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling eksplisit yaitu peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi artikel dalam blog Jenis Menu Kopi Starbucks – Jual Pembuat Kopi Di Berbak, Tanjung Jabung Timur, mudah-mudahan berguna.

0 comments