Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Mesuji, OKI

Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Mesuji, OKI


Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Mesuji, OKI - Walaupun semakin banyak pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis sama, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah anda semua pernah mengetahui kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang rupa bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Nusantara adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Mesuji, OKI


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di beragam belahan bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya menonjol adalah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di hawa rendah, maka bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga sebagian daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi dalam web Jenis Kopi Yang Beredar Di Indonesia – Toko Online Pembuat Kopi Di Mesuji, OKI, moga-moga bermanfaat.

0 comments