Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi di Taman, Sidoarjo

Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi di Taman, Sidoarjo



Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi di Taman, Sidoarjo - Kendati kian banyak pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di sebagian besar warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham ke-khas-an dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, memiliki bentuk biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tidak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi di Taman, Sidoarjo


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di bermacam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pula beberapa daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak kafe yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca risalah di website Jenis Kopi Yang Dipakai Starbucks – Toko Online Pembuat Kopi di Taman, Sidoarjo, moga-moga ada gunanya.

0 comments