Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Lempuing Jaya, OKI

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Lempuing Jaya, OKI


Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Lempuing Jaya, OKI - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai varietasnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja umpamanya, memiliki aroma serta cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit namun memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang sedap kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Lempuing Jaya, OKI


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di beragam bagian bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat dan resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling kentara adalah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan beragam tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi tulisan di web Manfaat Kopi Robusta And Arabica – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Lempuing Jaya, OKI, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments