Jenis Minuman Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Metro Pusat, Metro

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Metro Pusat, Metro


Jenis Minuman Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Metro Pusat, Metro - Kendati kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, mulai tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tetapi, apakah anda semua telah tahu keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai wujud batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya pula lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Negeri ini yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Minuman Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Metro Pusat, Metro


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami serta merasakan berbagai jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyajikan bermacam varian kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah dalam web Jenis Minuman Kopi Starbucks – Toko Coffee Maker di Metro Pusat, Metro, mudah-mudahan bermakna.

0 comments