Manfaat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lahei Barat, Barito Utara

Manfaat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lahei Barat, Barito Utara



Manfaat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lahei Barat, Barito Utara - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang tampaknya masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, tempat penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kamu semua telah mengetahui keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai timbul adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Manfaat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lahei Barat, Barito Utara


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang spesial, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan kebal hama.

Adapun ciri khusus setidaknya mencolok adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat cepat panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel di blog Manfaat Kopi Pak Belalang – Onlineshop Mesin Coffee Maker di Lahei Barat, Barito Utara, mudah-mudahan berguna.

0 comments