Jenis Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Mojolaban, Sukoharjo

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Mojolaban, Sukoharjo


Jenis Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Mojolaban, Sukoharjo - Kendati makin berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengerti karakteristik dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Mojolaban, Sukoharjo


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian kebun di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga resistan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya gamblang yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel di web Jenis Produk Kopi Kapal Api – Online Shop Mesin Pembuat Kopi Di Mojolaban, Sukoharjo, mudah-mudahan berguna.

0 comments