Meracik Kopi Ala Cafe – Online Shop Pembuat Kopi Di Gedong Tataan

Meracik Kopi Ala Cafe – Online Shop Pembuat Kopi Di Gedong Tataan



Meracik Kopi Ala Cafe – Online Shop Pembuat Kopi Di Gedong Tataan - Walaupun kian ramai penikmat kopi yang mengidentifikasi berbagai jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, namun lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan banyak hal, dari varietasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, walau pun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah mengerti karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki bentuk butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Ala Cafe – Online Shop Pembuat Kopi Di Gedong Tataan


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun kini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit dan hama.

Adapun ciri khas setidaknya jelas adalah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beragam veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan bermacam variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi di website Meracik Kopi Ala Cafe – Online Shop Pembuat Kopi Di Gedong Tataan, semoga bermakna.

0 comments