Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Coffee Maker di Julok, Aceh Timur

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Coffee Maker di Julok, Aceh Timur


Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Coffee Maker di Julok, Aceh Timur - Walaupun makin ramai penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, mulai dari jenisnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, walau pun dengan jenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi sendiri mempunyai verietas yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air adalah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Coffee Maker di Julok, Aceh Timur


Kopi Arabica dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di tiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya menonjol yakni tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi risalah dalam blog Jenis Produk Kopi Kapal Api – Toko Online Coffee Maker di Julok, Aceh Timur, moga-moga berpengaruh.

0 comments