Khasiat Kopi Rerama – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Curahdami, Bondowoso

Khasiat Kopi Rerama – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Curahdami, Bondowoso


Khasiat Kopi Rerama – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Curahdami, Bondowoso - Kendati semakin berlimpah penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang tampaknya masih tak memahami perbedaan kopi arabika dan robusta. yang terpenting pait, kata sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati berjenis serupa, citarasa kopi Gayo dan Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah paham kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai bentuk butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang harum semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tidak heran mutunya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yaitu kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Rerama – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Curahdami, Bondowoso


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di bermacam bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang spesial, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama.

Adapun keunikan paling jelas ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, hal ini karna ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang telah mengenal dan merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak Coffee shop yang menyediakan bermacam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi dalam blog Khasiat Kopi Rerama – Onlineshop Mesin Pembuat Kopi Di Curahdami, Bondowoso, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments