Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Siantar Timur, Pematangsiantar

Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Siantar Timur, Pematangsiantar



Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Siantar Timur, Pematangsiantar - Meski kian banyak pecinta kopi yang menandai bermacam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari jenisnya, daerah perkebunannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kamu semua telah mengerti keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lahan kopi pun semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran kualitasnya pula lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Siantar Timur, Pematangsiantar


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di berbagai bagian dunia, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama.

Adapun ciri khas paling kentara ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, namun susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini karena ditanam di hawa yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Meski begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah dalam halaman Jenis Varietas Kopi Arabika – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Siantar Timur, Pematangsiantar, mudah-mudahan bermakna.

0 comments