Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker Di Batang Angkola, Tapanuli Selatan

Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker Di Batang Angkola, Tapanuli Selatan



Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker Di Batang Angkola, Tapanuli Selatan - Meski makin ramai penikmat kopi yang menandai bermacam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, citarasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta cita rasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa warung kopi.

Tapi, apakah kamu semua pernah paham keistimewaan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi memiliki peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran harganya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak timbul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker Di Batang Angkola, Tapanuli Selatan


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi saat ini di bermacam belahan bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus setidaknya eksplisit yakni tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tetapi sukar dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengetahui serta merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya makin ramai kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca artikel di halaman Manfaat Daun Kopi Robusta – Kios Mesin Coffee Maker Di Batang Angkola, Tapanuli Selatan, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments