Khasiat Kopi Anak Jantan – Toko Online Pembuat Kopi Di Telaga Bauntung, Banjar

Khasiat Kopi Anak Jantan – Toko Online Pembuat Kopi Di Telaga Bauntung, Banjar



Khasiat Kopi Anak Jantan – Toko Online Pembuat Kopi Di Telaga Bauntung, Banjar - Meski semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beragam jenis kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, kendati dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua telah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang tatanan butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap serupa buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang saat ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Anak Jantan – Toko Online Pembuat Kopi Di Telaga Bauntung, Banjar


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di bermacam belahan bumi, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berlainan di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya kentara yakni taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi jenis ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di suhu yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui dan merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan dalam blog Khasiat Kopi Anak Jantan – Toko Online Pembuat Kopi Di Telaga Bauntung, Banjar, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments