Membuat Kopi Vietnam Drip – Jual Pembuat Kopi di Bendo, Magetan

Membuat Kopi Vietnam Drip – Jual Pembuat Kopi di Bendo, Magetan



Membuat Kopi Vietnam Drip – Jual Pembuat Kopi di Bendo, Magetan - Meski makin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tidak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, daerah ditanamna, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, kendati dengan jenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di Indonesia dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui ke-khas-an dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang rupa butir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air ialah kopi Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Vietnam Drip – Jual Pembuat Kopi di Bendo, Magetan


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di bermacam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna memiliki cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan tahan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling jelas ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi artikel dalam halaman Membuat Kopi Vietnam Drip – Jual Pembuat Kopi di Bendo, Magetan, mudah-mudahan berguna.

0 comments