Khasiat Kopi Hitam – Kios Pembuat Kopi Di VII Koto, Tebo

Khasiat Kopi Hitam – Kios Pembuat Kopi Di VII Koto, Tebo



Khasiat Kopi Hitam – Kios Pembuat Kopi Di VII Koto, Tebo - Biar semakin banyak pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, area perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja umpamanya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di beberapa coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua sudah paham karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran nilainya pula lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hitam – Kios Pembuat Kopi Di VII Koto, Tebo


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan kebal penyakit & hama.

Adapun kekhasan paling menonjol yaitu taraf kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini hampir sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca risalah di web Khasiat Kopi Hitam – Kios Pembuat Kopi Di VII Koto, Tebo, moga-moga bermanfaat.

0 comments