Membuat Kopi Susu Sendiri – Jual Pembuat Kopi Di Tarakan Timur, Tarakan

Membuat Kopi Susu Sendiri – Jual Pembuat Kopi Di Tarakan Timur, Tarakan



Membuat Kopi Susu Sendiri – Jual Pembuat Kopi Di Tarakan Timur, Tarakan - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, area penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah mengetahui kekhasan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tetapi menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 meter MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica memiliki bebauan yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu Sendiri – Jual Pembuat Kopi Di Tarakan Timur, Tarakan


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta resistan hama.

Adapun ciri khas setidaknya gamblang adalah taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam satu tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami serta merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya semakin banyak kedai kopi yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi risalah dalam web Membuat Kopi Susu Sendiri – Jual Pembuat Kopi Di Tarakan Timur, Tarakan, moga-moga ada gunanya.

0 comments