Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Lembah Seulawah, Aceh Besar

Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Lembah Seulawah, Aceh Besar



Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Lembah Seulawah, Aceh Besar - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, kata beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua pernah mengetahui keunikan dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di perkebunan pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Indonesia yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Lembah Seulawah, Aceh Besar


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi kini di beragam belahan dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal lantaran mempunyai cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga tahan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya menonjol ialah taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai kafe yang menyajikan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah membaca informasi dalam halaman Macam Kopi Asli Indonesia – Toko Mesin Pembuat Kopi di Lembah Seulawah, Aceh Besar, semoga berpengaruh.

0 comments