Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Kios Coffee Maker Di Pasar Jambi, Jambi

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Kios Coffee Maker Di Pasar Jambi, Jambi



Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Kios Coffee Maker Di Pasar Jambi, Jambi - Biar makin ramai penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun tidak sedikit juga yang nyatanya masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, akan tetapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, area perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan bijinya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, rasa kopi Gayo Aceh dan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di tanah air dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah kalian semua sudah paham karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, mempunyai tatanan bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini ialah Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Kios Coffee Maker Di Pasar Jambi, Jambi


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di setiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga tahan hama.

Adapun keunikan paling kentara adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karna rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang terdapat pula kopi robusta yang nikmat, tapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam satu tahun, hal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian ramai Coffee shop yang menyajikan beraneka varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel dalam web Macam-Macam Jenis Kopi Arabika – Kios Coffee Maker Di Pasar Jambi, Jambi, mudah-mudahan berpengaruh.

0 comments