Trik Membuat Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi di Sungai Menang, OKI

Trik Membuat Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi di Sungai Menang, OKI



Trik Membuat Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi di Sungai Menang, OKI - Kendati makin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan penuh perihal, mulai kelasnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua telah paham ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica menyandang aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun lebih mahal dibanding tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak muncul yakni kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Trik Membuat Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi di Sungai Menang, OKI


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di berbagai bagian dunia, orang menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berlainan di setiap kawasan penanaman" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan suhu antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan paling eksplisit ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi susah dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yaitu Lampung, pula sebagian wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang sudah memahami serta merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks telah mengunjungi risalah di blog Trik Membuat Kopi Enak – Jual Pembuat Kopi di Sungai Menang, OKI, semoga bermanfaat.

0 comments