Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Pembuat Kopi di Ilir Timur I, Palembang

Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Pembuat Kopi di Ilir Timur I, Palembang


Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Pembuat Kopi di Ilir Timur I, Palembang - Walaupun semakin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja contohnya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta adalah verietas terbesar yang terdapat di tanah air dan dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua pernah paham keunikan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Pembuat Kopi di Ilir Timur I, Palembang


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi kini di beragam bagian bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tidak heran produksinya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama & penyakit.

Adapun ciri khusus paling gamblang yaitu tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, namun sukar didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang ternama dengan kopi robustanya di Nusantara ialah Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, masalah rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan di halaman Manfaat Kopi Hijau Untuk Menurunkan Berat Badan – Penjual Pembuat Kopi di Ilir Timur I, Palembang, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments