Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Online Mesin Coffee Maker di Laweyan, Surakarta

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Online Mesin Coffee Maker di Laweyan, Surakarta


Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Online Mesin Coffee Maker di Laweyan, Surakarta - Meski semakin berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tetapi tak sedikit juga yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, tempat ditanamna, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang begitu beda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah paham keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengartikan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan batu yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Nusantara adalah kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini banyak timbul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Online Mesin Coffee Maker di Laweyan, Surakarta


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun masa ini di bermacam belahan bumi, orang menanam dan menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal lantaran menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh dan resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya menonjol adalah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi tipe ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karna ditanam di hawa rendah, maka dapat lekas panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan bermacam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah di web Khasiat Kopi Hijau Nareena – Toko Online Mesin Coffee Maker di Laweyan, Surakarta, moga-moga bermakna.

0 comments