Cara Membuat Kopi Susu Tanpa Ampas – Kios Mesin Pembuat Kopi di Semanding, Tuban

Cara Membuat Kopi Susu Tanpa Ampas – Kios Mesin Pembuat Kopi di Semanding, Tuban



Cara Membuat Kopi Susu Tanpa Ampas – Kios Mesin Pembuat Kopi di Semanding, Tuban - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, tapi tak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, area penanamannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja contohnya, mempunyai aroma dan citarasa yang begitu berbeda.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Namun, apakah anda semua pernah tahu keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki struktur bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran kualitasnya juga lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Cara Membuat Kopi Susu Tanpa Ampas – Kios Mesin Pembuat Kopi di Semanding, Tuban


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di berbagai belahan bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit.

Adapun ciri khas paling kentara yakni tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, namun sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga bisa lekas panen" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah menyambangi tulisan dalam web Cara Membuat Kopi Susu Tanpa Ampas – Kios Mesin Pembuat Kopi di Semanding, Tuban, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments