Macam Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Alafan, Simeulue

Macam Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Alafan, Simeulue



Macam Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Alafan, Simeulue - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang menandai beragam tipe kopi, tapi gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi nggak sesimple itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, dimulai dari tipenya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena itu, biar pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di tanah air serta digunakan di sebagian besar warkop.

Namun, apakah kamu semua pernah mengerti kekhasan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit namun menyandang tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta padat. Tak heran harganya pula lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Alafan, Simeulue


Kopi Arabika dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab memiliki cita rasa yang khas, berlainan di setiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling mencolok adalah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi varietas ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, namun sukar dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Indonesia adalah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengetahui dan merasakan beraneka tipe kopi, bakal lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai warung kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabica.
Meski begitu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan di web Macam Kopi Robusta – Onlineshop Mesin Coffee Maker Di Alafan, Simeulue, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments