Cara Meracik Kopi Ala Kafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Bandung, Serang

Cara Meracik Kopi Ala Kafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Bandung, Serang



Cara Meracik Kopi Ala Kafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Bandung, Serang - Biar makin banyak penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya ditentukan banyak hal, dari tipenya, lokasi peraniannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah mengerti karakter dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, memiliki rupa biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama apabila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya juga lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini adalah Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Cara Meracik Kopi Ala Kafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Bandung, Serang


Kopi Arabika dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di berbagai bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal lantaran memiliki cita rasa yang istimewa, berbeda di setiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan kebal hama & penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara ialah peringkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi macam ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang sudah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi artikel dalam blog Cara Meracik Kopi Ala Kafe – Penjual Mesin Coffee Maker di Bandung, Serang, mudah-mudahan berguna.

0 comments