Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Coffee Maker di Luwu Utara

Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Coffee Maker di Luwu Utara



Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Coffee Maker di Luwu Utara - Meski makin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi bermacam tipe kopi, namun tidak sedikit juga yang ternyata masih gak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, kata beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesederhana itu, tapi lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dari varietasnya, tempat perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, meski berjenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang terdapat di Indonesia serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Tapi, apakah kamu semua telah tahu kekhasan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki tatanan bulir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi menyandang tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting apabila ditanam di lahan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica menyandang aroma yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan penuh. Tak heran kualitasnya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Coffee Maker di Luwu Utara


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tetapi masa ini di bermacam belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa khas, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keunikan setidaknya mencolok yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi susah dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam satu tahun, perihal ini sebab ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Negeri ini ialah Lampung, pun beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kedai kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Meski seperti itu, persoalan rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi informasi di blog Jenis Biji Kopi Arabika – Online Shop Coffee Maker di Luwu Utara, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments