Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Kampung Laut, Cilacap

Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Kampung Laut, Cilacap


Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Kampung Laut, Cilacap - Meski kian ramai pecinta kopi yang mengenali berbagai tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pait, tutur beberapa orang.

Padahal citarasa kopi gak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai jenisnya, area penanamannya, lingkungan di sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi wilayah Gayo serta Tana Toraja contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah mengetahui keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi memiliki taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terpenting kalau ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam setiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang harum semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang masa ini ramai muncul yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Kampung Laut, Cilacap


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di bermacam bagian bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap daerah penanaman" ujar Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan penyakit.

Adapun ciri khas paling menonjol yaitu taraf kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi varietas ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama dengan kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, juga sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyajikan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah membaca artikel di halaman Membuat Kopi Tubruk – Online Shop Mesin Pembuat Kopi di Kampung Laut, Cilacap, mudah-mudahan berguna.

0 comments