Jenis Biji Kopi Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Lubuk Dalam, Siak

Jenis Biji Kopi Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Lubuk Dalam, Siak



Jenis Biji Kopi Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Lubuk Dalam, Siak - Meski kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimple itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis sama, rasa kopi Gayo serta Toraja umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri mempunyai jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Tapi, apakah anda semua telah mengetahui karakteristik dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, menyandang wujud batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit tapi memiliki taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga sebaiknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting kalau ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula nggak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Biji Kopi Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Lubuk Dalam, Siak


Kopi Arabika dahulu ramai dikembangkan di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di bermacam bagian bumi, petani menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di setiap wilayah tanam" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan suhu berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal penyakit dan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya gamblang adalah taraf kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sulit didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pun beberapa wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Trims telah menyambangi risalah dalam web Jenis Biji Kopi Robusta – Toko Mesin Coffee Maker Di Lubuk Dalam, Siak, semoga bermakna.

0 comments