Meracik Kopi Hitam – Penjual Pembuat Kopi Di Kanor, Bojonegoro

Meracik Kopi Hitam – Penjual Pembuat Kopi Di Kanor, Bojonegoro


Meracik Kopi Hitam – Penjual Pembuat Kopi Di Kanor, Bojonegoro - Walaupun kian banyak pecinta kopi yang menandai beraneka macam tipe kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, daerah peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena itu, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu berbeda.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yakni Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini dan digunakan di beberapa warkop.

Akan tetapi, apakah anda semua pernah paham keistimewaan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di perkebunan pun semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terutama apabila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap penuaian pula tidak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut serta penuh. Tidak heran nilainya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak bermunculan yaitu kopi-kopi Arabica dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Hitam – Penjual Pembuat Kopi Di Kanor, Bojonegoro


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi kini di berbagai belahan dunia, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karna menyandang cita rasa yang khas, berbeda di tiap kawasan tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 M MDPL dengan temperatur udara antara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya menonjol yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini karena ditanam di suhu rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun begitu, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca informasi di website Meracik Kopi Hitam – Penjual Pembuat Kopi Di Kanor, Bojonegoro, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments