Jenis Klon Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Jember

Jenis Klon Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Jember



Jenis Klon Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Jember - Walaupun semakin ramai pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih gak memahami perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimple itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi lazimnya dipastikan banyak hal, mulai dari varietasnya, daerah penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, meski dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja contohnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri mempunyai verietas yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di Indonesia dan dipakai di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kalian semua pernah mengerti ke-khas-an dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menerangkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak betul-betul pahit akan tetapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi pun semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting bila ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal dibanding jenis kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Nusantara yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Jenis Klon Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Jember


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, namun masa ini di berbagai belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan seringkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun keistimewaan setidaknya jelas ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah lantaran rasa kopi tipe ini hampir sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang sedap, tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, hal ini sebab ditanam di hawa rendah, sehingga bisa cepat panen" kata Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, pun beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah mengetahui dan merasakan berbagai veretas kopi, akan lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya kian banyak Coffee shop yang menyuguhkan beragam variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam blog Jenis Klon Kopi Robusta – Kios Coffee Maker Di Jember, mudah-mudahan ada gunanya.

0 comments