Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Pembuat Kopi Di Kiaracondong, Bandung

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Pembuat Kopi Di Kiaracondong, Bandung


Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Pembuat Kopi Di Kiaracondong, Bandung - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, namun gak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi nggak sesimple itu, namun lebih komplek serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, mulai dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan di sekitarnya, dan pengolahan bijinya. Karena itu, meski pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo serta Tana Toraja contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Tanaman kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang ada di Indonesia serta dipakai di sebagian besar warung kopi.

Akan tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui karakter dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, memiliki rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tidak berlebihan pahit akan tetapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di perkebunan pun sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di lahan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta penuh. Tidak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Pembuat Kopi Di Kiaracondong, Bandung


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi sekarang di beragam bagian bumi, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran hasil panennya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa spesial, berbeda di setiap wilayah penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam dalam ketinggian kurang dari 1.000 meter di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat juga kebal hama.

Adapun ciri khusus paling jelas ialah tingkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" tutur Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah mengetahui dan merasakan beragam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya makin ramai kedai kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabica.
Walaupun demikian, masalah rasa adalah selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah membaca tulisan dalam halaman Jenis Kopi Arabika Terbaik – Online Shop Pembuat Kopi Di Kiaracondong, Bandung, semoga berguna.

0 comments