Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Onlineshop Pembuat Kopi di Natuna

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Onlineshop Pembuat Kopi di Natuna


Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Onlineshop Pembuat Kopi di Natuna - Biar semakin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, namun gak sedikit juga yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai varietasnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki verietas yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di Indonesia serta digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua pernah mengetahui ke-khas-an dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan tahun 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai wujud bulir yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus bila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus karna lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian juga gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi serupa buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Negeri ini adalah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang saat ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Onlineshop Pembuat Kopi di Natuna


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun kini di beragam belahan bumi, petani menanam dan menumbuhkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara menyandang cita rasa istimewa, berlainan di tiap daerah tanam" ujar Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar lalu acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga tahan penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok ialah tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi macam ini hampir serupa. Memang terdapat juga kopi robusta yang nikmat, akan tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah mempunyai aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga bisa cepat panen" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pula beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengenal dan merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya makin banyak warung kopi yang menyajikan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi informasi di blog Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Dan Kecantikan – Onlineshop Pembuat Kopi di Natuna, semoga berguna.

0 comments