Jenis Menu Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Plemahan, Kediri

Jenis Menu Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Plemahan, Kediri


Jenis Menu Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Plemahan, Kediri - Meski kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, tutur beberapa orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesederhana itu, tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan penuh perihal, mulai kelasnya, kawasan peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja umpamanya, mempunyai aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri mempunyai jenis yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta ialah jenis mayoritas yang ada di tanah air dan digunakan di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah paham keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai struktur biji yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit namun memiliki peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga seharusnya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini memerlukan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting apabila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran nilainya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkenal di Tanah Air adalah kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Menu Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Plemahan, Kediri


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran produksinya lebih banyak, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap daerah penanaman" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa antara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan hama & penyakit.

Adapun keistimewaan setidaknya eksplisit adalah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, lalu keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam satu tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga dapat lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Negeri ini yakni Lampung, pun sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah mengetahui dan merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya semakin ramai kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel di blog Jenis Menu Kopi Starbucks – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Plemahan, Kediri, mudah-mudahan ada manfaatnya.

0 comments