Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Jual Pembuat Kopi di Ambon

Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Jual Pembuat Kopi di Ambon



Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Jual Pembuat Kopi di Ambon - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi bermacam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengenal perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih rumit dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan penuh perihal, dimulai dari jenisnya, daerah penanamannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walaupun dengan jenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel umpamanya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah anda semua telah tahu karakter dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, memiliki bentuk batu yang lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus kalau ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M MDPL. Suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi kayak buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tidak heran kualitasnya juga lebih mahal dibandingkan jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yakni Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak bermunculan adalah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Jual Pembuat Kopi di Ambon


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi kini di bermacam belahan dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal karena menyandang cita rasa yang spesial, berbeda di setiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar dan kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya eksplisit yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis sebab rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun susah didapati.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini sebab ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat cepat panen" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak warung kopi yang menyuguhkan beraneka variasi kopi Arabika.
Walaupun demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi risalah di blog Teknik Membuat Kopi Yang Enak – Jual Pembuat Kopi di Ambon, semoga bermanfaat.

0 comments