Jenis Produk Kopi Kapal Api – Onlineshop Pembuat Kopi di Way Lima, Pesawaran

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Onlineshop Pembuat Kopi di Way Lima, Pesawaran


Jenis Produk Kopi Kapal Api – Onlineshop Pembuat Kopi di Way Lima, Pesawaran - Walaupun kian banyak penikmat kopi yang mengidentifikasi beraneka macam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan penuh perihal, dari varietasnya, daerah perkebunannya, lingkungan di sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Itu sebabnya, kendati berjenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang bermacam-macam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua telah mengerti karakteristik dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai bentuk batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih rendah, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi mempunyai peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi juga semestinya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica menyandang aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan padat. Tak heran nilainya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Jenis Produk Kopi Kapal Api – Onlineshop Pembuat Kopi di Way Lima, Pesawaran


Kopi Arabica dulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai belahan dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya berlimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang khas, berbeda di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit & hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok yakni peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini lantaran ditanam di suhu rendah, sehingga bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah memahami dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak kedai kopi yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabika.
Kendati begitu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam web Jenis Produk Kopi Kapal Api – Onlineshop Pembuat Kopi di Way Lima, Pesawaran, semoga berguna.

0 comments