Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Jual Coffee Maker di Jatibanteng, Situbondo

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Jual Coffee Maker di Jatibanteng, Situbondo


Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Jual Coffee Maker di Jatibanteng, Situbondo - Walaupun kian ramai pecinta kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabika dan robusta. yang jelas pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari tipenya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Itu sebabnya, walau pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel misalnya, memiliki aroma dan citarasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta adalah jenis mayoritas yang terdapat di Indonesia serta digunakan di beberapa kedai kopi.

Namun, apakah kamu semua sudah mengerti karakteristik dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, menyandang struktur butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak berlebihan pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di kebun kopi juga hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terserang hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran nilainya pula jauh lebih mahal dibanding tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Tanah Air ialah Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Jual Coffee Maker di Jatibanteng, Situbondo


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi sekarang di beragam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berbeda di tiap daerah tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khas paling mencolok ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, kondisi ini sebab ditanam di suhu yang rendah, maka dapat lekas panen" kata Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor dengan kopi robustanya di Negeri ini yaitu Lampung, pula sebagian daerah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal dan merasakan beraneka jenis kopi, bakal lebih selektif dalam memilih kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak Coffee shop yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Trims sudah membaca informasi dalam blog Khasiat Kopi Hijau Untuk Diet – Jual Coffee Maker di Jatibanteng, Situbondo, semoga ada manfaatnya.

0 comments