Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Mesin Pembuat Kopi di Loa Kulu, Kutai Kartanegara

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Mesin Pembuat Kopi di Loa Kulu, Kutai Kartanegara



Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Mesin Pembuat Kopi di Loa Kulu, Kutai Kartanegara - Biar makin banyak pecinta kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, area peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun berjenis serupa, cita rasa kopi Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta citarasa yang berlainan.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah jenis mayoritas yang terdapat di negeri ini dan digunakan di sebagian besar warung kopi.

Tetapi, apakah kalian semua sudah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang wujud bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih rendah, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak betul-betul pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi pun hendaknya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, besaran biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut serta penuh. Tidak heran mutunya pula jauh lebih mahal dibandingkan tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Indonesia ialah kopi Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak muncul yaitu kopi-kopi Arabika dari perbuitan ang tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Mesin Pembuat Kopi di Loa Kulu, Kutai Kartanegara


Kopi Arabica dahulu banyak dikembangkan di Etiopia dan Brasil, tetapi sekarang di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, adalah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di setiap kawasan penanaman" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian lahan kurang dari 1.000 M MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan tahan hama.

Adapun ciri khusus paling mencolok yakni peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali panen dalam 1 tahun, perihal ini sebab ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas panen" kata Iwan.

Beberapa kawasan yang tersohor dengan kopi robustanya di Tanah Air adalah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah mengetahui serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya kian ramai warung kopi yang menyediakan berbagai variasi kopi Arabica.
Meski begitu, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Terima kasih telah membaca tulisan di website Khasiat Kopi Pahit Bagi Pria – Kios Mesin Pembuat Kopi di Loa Kulu, Kutai Kartanegara, semoga bermanfaat.

0 comments