Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker Di Yogyakarta

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker Di Yogyakarta


Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker Di Yogyakarta - Meski semakin ramai penikmat kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, namun gak sedikit juga yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari tipenya, kawasan penanamannya, lingkungan sekelilingnya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, meski pun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo serta Toraja Sulsel contohnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di negeri ini dan dipakai di sebagian besar coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua telah tahu kekhasan dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan tahun 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, mempunyai bentuk butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi menyandang taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 drajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama kalau ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica menyandang aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan penuh. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Indonesia yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang kini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker Di Yogyakarta


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, namun saat ini di beragam belahan bumi, orang menanam lalu menumbuhkannya. Tidak heran hasil panennya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karna mempunyai cita rasa yang spesial, berbeda di setiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan resistan hama & penyakit.

Adapun kekhasan setidaknya kentara yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah gara-gara rasa kopi tipe ini hampir sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, akan tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, hal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, juga beberapa kawasan penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah memahami serta merasakan beragam tipe kopi, akan lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin banyak Coffee shop yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel dalam halaman Khasiat Kopi Pahit Bagi Tubuh – Toko Mesin Coffee Maker Di Yogyakarta, moga-moga bermakna.

0 comments