Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Kios Pembuat Kopi Di Kalibawang, Wonosobo

Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Kios Pembuat Kopi Di Kalibawang, Wonosobo


Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Kios Pembuat Kopi Di Kalibawang, Wonosobo - Biar kian berlimpah penikmat kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tapi tak sedikit pula yang tampaknya masih tak mengetahui perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi nggak sesimpel itu, tapi lebih rumit serta kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dimulai dari varietasnya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, biar pun berjenis sama, rasa kopi Gayo dengan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang berlainan.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam itu, Arabica dan Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di negeri ini serta dipakai di beberapa warung kopi.

Tetapi, apakah kamu semua sudah tahu karakteristik dari dua jenis itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai rupa batu lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica juga lebih ringan, adalah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit namun mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan baik kalau ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga semestinya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini memerlukan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang wangi kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tak heran mutunya juga jauh lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini ramai bermunculan ialah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Kios Pembuat Kopi Di Kalibawang, Wonosobo


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tidak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang spesial, berlainan di tiap-tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian kurang dari 1.000 meter MDPL dengan suhu kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun kekhasan setidaknya eksplisit ialah tingkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4 persen sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih murah sebab rasa kopi jenis ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam satu tahun, hal ini karna ditanam di hawa yang rendah, sehingga dapat lekas panen" ujar Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Indonesia yakni Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang sudah memahami dan merasakan beragam jenis kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya makin banyak kedai kopi yang menyajikan beragam variasi kopi Arabika.
Meski seperti itu, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Trims sudah mengunjungi artikel di website Membuat Kopi Ala Cafe Di Rumah – Kios Pembuat Kopi Di Kalibawang, Wonosobo, semoga ada gunanya.

0 comments