Khasiat Kopi Pahit – Kios Pembuat Kopi di Taman, Sidoarjo

Khasiat Kopi Pahit – Kios Pembuat Kopi di Taman, Sidoarjo


Khasiat Kopi Pahit – Kios Pembuat Kopi di Taman, Sidoarjo - Kendati semakin banyak penikmat kopi yang mengenali bermacam tipe kopi, tapi tak sedikit juga yang nyatanya masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tak sesimple itu, namun lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, mulai kelasnya, kawasan penanamannya, lingkungan kanan kirinya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walau pun dengan jenis serupa, cita rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel umpamanya, memiliki aroma serta flavour yang berbeda.

Biji kopi tu sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam itu, Arabica dan Robusta ialah verietas terbesar yang terdapat di Indonesia serta digunakan di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengerti karakteristik dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga tahun 2015 menerangkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, menyandang tatanan bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit tapi menyandang taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik jika ditanam di kebun pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga sebaiknya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih baik sebab lebih rentan terserang penyakit karat daun terpenting seandainya ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica mempunyai aroma yang wangi semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tak heran harganya pula jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia adalah kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Khasiat Kopi Pahit – Kios Pembuat Kopi di Taman, Sidoarjo


Kopi Arabika dahulu ramai dikelola di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di berbagai bagian bumi, orang menanam dan mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa spesial, berlainan di tiap-tiap kawasan penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh dan resistan penyakit.

Adapun ciri khas setidaknya jelas ialah peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi varietas ini nyaris sepadan. Memang ada juga kopi robusta yang enak, tetapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, juga beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang telah memahami serta merasakan berbagai tipe kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Itulah sebabnya semakin banyak kafe yang menyajikan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah di website Khasiat Kopi Pahit – Kios Pembuat Kopi di Taman, Sidoarjo, moga-moga bermakna.

0 comments