Khasiat Kopi Radix Hpai – Onlineshop Coffee Maker di Sumbawa Barat

Khasiat Kopi Radix Hpai – Onlineshop Coffee Maker di Sumbawa Barat


Khasiat Kopi Radix Hpai – Onlineshop Coffee Maker di Sumbawa Barat - Kendati semakin banyak pecinta kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi gak sedikit juga yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabika dan robusta. yang penting pait, tutur sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, tapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi kebanyakan ditentukan banyak hal, dari jenisnya, kawasan perkebunannya, lingkungan sekelilingnya, serta pengolahan bijinya. Karena sebab itu, biar pun dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo Aceh dan Tana Toraja misalnya, menyandang aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi tu sendiri menyandang verietas yang bermacam-macam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas mayoritas yang terdapat di negeri ini dan dipakai di beberapa warkop.

Tetapi, apakah kamu semua telah mengetahui ke-khas-an dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, memiliki rupa batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih rendah, yakni 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tapi mempunyai peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan bagus seandainya ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 M sampai 2.000 meter di atas permukaan laut. Tingkat suhu di kebun kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terkena hama karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap penuaian juga tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan penuh. Tidak heran harganya pula jauh lebih mahal dibandingkan jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul adalah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Khasiat Kopi Radix Hpai – Onlineshop Coffee Maker di Sumbawa Barat


Kopi Arabika dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi sekarang di beragam bagian dunia, orang menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa yang spesial, berlainan di setiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih kuat juga resistan penyakit & hama.

Adapun keunikan paling eksplisit yakni tingkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada pula kopi robusta yang sedap, namun sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat 3 kali pemanenan dalam setahun, kondisi ini karna ditanam di temperatur udara rendah, maka bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Indonesia antara lain Lampung, pun beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah sebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabika.
Kendati demikian, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam website Khasiat Kopi Radix Hpai – Onlineshop Coffee Maker di Sumbawa Barat, semoga ada manfaatnya.

0 comments