Membuat Kopi Susu – Penjual Pembuat Kopi Di Sipora Utara, Kepulauan Mentawai

Membuat Kopi Susu – Penjual Pembuat Kopi Di Sipora Utara, Kepulauan Mentawai


Membuat Kopi Susu – Penjual Pembuat Kopi Di Sipora Utara, Kepulauan Mentawai - Biar makin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai tipe kopi, akan tetapi tidak sedikit pula yang nyatanya masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sedangkan citarasa kopi tidak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi biasanya ditentukan penuh perihal, dari tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan bijinya. Karena sebab itu, walau pun dengan jenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja misalnya, menyandang aroma dan cita rasa yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang verietas yang beragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica serta Robusta ialah jenis terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kalian semua telah mengerti karakteristik dari dua varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menerangkan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki tatanan biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika juga lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga tak terlalu pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik seandainya ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di perkebunan juga seharusnya berkisar antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karna lebih rentan terserang penyakit karat daun terutama bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang wangi seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus serta padat. Tak heran harganya pun lebih mahal ketimbang jenis kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang marak di Negeri ini yaitu Gayo, Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang kini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Membuat Kopi Susu – Penjual Pembuat Kopi Di Sipora Utara, Kepulauan Mentawai


Kopi Arabica dahulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi kini di beragam belahan bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, adalah lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi varietas ini lebih mahal gara-gara mempunyai cita rasa khas, berlainan di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat dan acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan hawa berkisara 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta tahan penyakit & hama.

Adapun keunikan setidaknya eksplisit yaitu peringkat kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat karena rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta dapat tiga kali pemanenan dalam setahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yakni Lampung, pun sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, orang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyuguhkan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati seperti itu, persoalan rasa merupakan cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah menyambangi tulisan dalam website Membuat Kopi Susu – Penjual Pembuat Kopi Di Sipora Utara, Kepulauan Mentawai, mudah-mudahan bermanfaat.

0 comments