Kriteria Jenis Kopi Toraja – Kios Mesin Coffee Maker di Saipar Dolok Hole, Tapanuli Selatan

Kriteria Jenis Kopi Toraja – Kios Mesin Coffee Maker di Saipar Dolok Hole, Tapanuli Selatan


Kriteria Jenis Kopi Toraja – Kios Mesin Coffee Maker di Saipar Dolok Hole, Tapanuli Selatan - Biar kian berlimpah pecinta kopi yang mengenali bermacam jenis kopi, akan tetapi tidak sedikit juga yang ternyata masih tak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang terpenting pait, ujar beberapa orang.

Sedangkan citarasa kopi gak sesimpel itu, tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan banyak hal, dari varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan sekitarnya, juga pengolahan biji kopinya. Itulah sebabnya, meski dengan jenis serupa, rasa kopi Gayo dan Tana Toraja misalnya, mempunyai aroma serta citarasa yang begitu beda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas terbesar yang ada di Indonesia serta digunakan di beberapa coffee shop.

Akan tetapi, apakah kamu semua sudah tahu karakter dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 juga 2015 menggambarkan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, mempunyai wujud biji lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga nggak terlalu pahit tetapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M hingga 2.000 meter MDPL. Suhu di perkebunan juga seharusnya kirasan antara 14-24 derajat Selsius.

Tanaman kopi tipe arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus karena lebih rentan terserang hama karat daun terutama jika ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, besaran biji kopi dalam tiap penuaian pun tidak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum kayak buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta penuh. Tak heran kualitasnya pun lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Negeri ini yaitu Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul ialah kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Kriteria Jenis Kopi Toraja – Kios Mesin Coffee Maker di Saipar Dolok Hole, Tapanuli Selatan


Kopi Arabika dulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tapi masa ini di berbagai bagian dunia, petani menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa khas, berbeda di tiap-tiap wilayah tanam" ujar Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian perkebunan kurang dari 1.000 meter MDPL dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Selsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh juga kebal hama dan penyakit.

Adapun keistimewaan paling mencolok ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, lalu keasamannya rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis lantaran rasa kopi tipe ini nyaris sama. Memang terdapat pula kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki aroma cokelat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini karna ditanam di suhu yang rendah, maka dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa wilayah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara adalah Lampung, pula sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, orang yang telah memahami dan merasakan beraneka tipe kopi, akan lebih hati-hati dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya kian banyak kafe yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Kendati begitu, persoalan rasa adalah selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi informasi di website Kriteria Jenis Kopi Toraja – Kios Mesin Coffee Maker di Saipar Dolok Hole, Tapanuli Selatan, semoga ada gunanya.

0 comments