Macam Kopi Asli Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Suliki Gunung Mas, Lima Puluh Kota

Macam Kopi Asli Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Suliki Gunung Mas, Lima Puluh Kota



Macam Kopi Asli Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Suliki Gunung Mas, Lima Puluh Kota - Meski kian ramai penikmat kopi yang mengenali beraneka macam tipe kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang tampaknya masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, kata sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tak sesimpel itu, akan tetapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi umumnya dipastikan banyak hal, mulai varietasnya, daerah peraniannya, lingkungan sekitarnya, dan pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo Aceh dengan Tana Toraja misalnya, memiliki aroma serta citarasa yang begitu beda.

Tanaman kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica dan Robusta merupakan verietas mayoritas yang ada di Indonesia dan dipakai di beberapa kedai kopi.

Tapi, apakah kalian semua telah paham keistimewaan dari 2 varietas tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengartikan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, ujar Iwan, mempunyai tatanan butir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yaitu 08 - 1,4 %, sehingga nggak berlebihan pahit tapi mempunyai taraf keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika cuma tumbuh dengan bagus jika ditanam di perkeunan pegunungan, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan perawatan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terutama kalau ditanam di kebun dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap penuaian pula gak sebanyak kopi Robusta.

Rata-rata kopi Arabica memiliki aroma yang harum seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih lembut dan padat. Tidak heran kualitasnya juga jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang tersohor di Nusantara yaitu Gayo, kopi Toraja, kopi Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, serta yang sekarang banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di kawasan Gunung Raung.

Macam Kopi Asli Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Suliki Gunung Mas, Lima Puluh Kota


Kopi Arabika dahulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di bermacam bagian bumi, orang menanam serta menumbuhkannya. Tak heran produksinya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal sebab menyandang cita rasa khas, berbeda di tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta acapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian kebun di bawah 1.000 meter MDPL dengan hawa antara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih kuat juga kebal penyakit dan hama.

Adapun ciri khusus paling eksplisit yakni taraf kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, lalu keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat gara-gara rasa kopi jenis ini nyaris sepadan. Memang terdapat pula kopi robusta yang sedap, tapi sukar ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung menyandang aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam satu tahun, kondisi ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, sehingga dapat cepat pemanenan" tutur Iwan.

Sebagian daerah yang terkenal dengan kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pun sebagian wilayah berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Pada umumnya, seseorang yang pernah memahami dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam menyeleksi kopinya. Hal itulah sebabnya makin ramai Coffee shop yang menyuguhkan beraneka varian kopi Arabica.
Kendati demikian, masalah rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah mengunjungi tulisan di website Macam Kopi Asli Indonesia – Online Shop Pembuat Kopi Di Suliki Gunung Mas, Lima Puluh Kota, mudah-mudahan berguna.

0 comments