Meracik Kopi Yg Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Basarang, Kapuas

Meracik Kopi Yg Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Basarang, Kapuas


Meracik Kopi Yg Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Basarang, Kapuas - Meski semakin berlimpah pecinta kopi yang mengenali beragam tipe kopi, tetapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak mengetahui perbedaan antara kopi arabika dan robusta. yang terpenting pahit, kata sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimpel itu, namun lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi biasanya dipastikan penuh perihal, mulai dari varietasnya, tempat ditanamna, lingkungan kanan kirinya, dan pengolahan biji kopinya. Itu sebabnya, biar pun berjenis sama, citarasa kopi Gayo serta Toraja contohnya, menyandang aroma dan flavour yang berlainan.

Kopi sendiri memiliki verietas yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta adalah verietas terbesar yang ada di Indonesia dan digunakan di sebagian besar coffee shop.

Namun, apakah kamu semua sudah paham keunikan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga tahun 2015 mengatakan perbedaan karakter Arabica juga Robusta.

Kopi Arabika, kata Iwan, mempunyai struktur bulir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit tapi memiliki tingkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan bagus jika ditanam di lahan pegunungan, antara 1.000 M hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di kebun kopi juga semestinya kirasan antara 14-24 derajat Celsius.

Tanaman kopi jenis araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih baik sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terutama bila ditanam di kebun dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap-tiap panen pun nggak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica memiliki bebauan yang sedap semacam buah-buahan atau bunga-bungaan. Sebagian disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus serta padat. Tidak heran harganya juga lebih mahal ketimbang tipe kopi yang lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia yaitu Gayo, Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang masa ini banyak timbul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di wilayah dataran tinggi Gunung Raung.

Meracik Kopi Yg Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Basarang, Kapuas


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Brasil dan Etiopia, tetapi saat ini di beragam bagian dunia, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran produksinya lebih banyak, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena mempunyai cita rasa yang khas, berbeda di setiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta seringkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih kuat dan tahan hama.

Adapun ciri khusus paling jelas ialah peringkat kafein lebih tinggi, antara 1,7 hingga 4% sehingga lebih pahit, dan keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi varietas ini nyaris sama. Memang terdapat juga kopi robusta yang enak, tetapi sulit ditemui.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu 3 kali panen dalam setahun, perihal ini karena ditanam di temperatur udara yang rendah, maka dapat cepat pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian wilayah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara antara lain Lampung, juga beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang sudah mengetahui serta merasakan berbagai tipe kopi, bakal lebih berhati-hati dalam memilih kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai Coffee shop yang menyajikan bermacam varian kopi Arabika.
Walaupun seperti itu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks sudah menyambangi risalah di website Meracik Kopi Yg Enak – Online Shop Mesin Coffee Maker Di Basarang, Kapuas, semoga berpengaruh.

0 comments