Macam Kopi Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di IV Jurai, Pesisir Selatan

Macam Kopi Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di IV Jurai, Pesisir Selatan


Macam Kopi Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di IV Jurai, Pesisir Selatan - Meski semakin banyak pecinta kopi yang mengidentifikasi berbagai tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang nyatanya masih gak mengerti perbedaan kopi arabica dan robusta. yang penting pahit, tutur sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi tidak sesimpel itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, dari tipenya, lokasi perkebunannya, lingkungan kanan kirinya, juga pengolahan biji kopinya. Karena sebab itu, walau pun berjenis sama, cita rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja misalnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri menyandang verietas yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari jenis tersebut, Arabica serta Robusta merupakan verietas terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar warkop.

Tetapi, apakah kalian semua sudah paham kekhasan dari 2 jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, mempunyai wujud butir lebih panjang. Muatan kafein kopi arabika juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tak berlebihan pahit akan tetapi memiliki tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica cuma tumbuh dengan baik jika ditanam di lahan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 M di atas permukaan laut. Suhu di lahan kopi juga seharusnya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Tak hanya itu, besaran biji kopi dalam setiap panen juga tak sebanyak kopi Robusta.

Umumnya kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap serupa buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran mutunya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang terkemuka di Tanah Air yaitu kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, juga yang sekarang ramai muncul ialah kopi-kopi Arabika dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam Kopi Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di IV Jurai, Pesisir Selatan


Kopi Arabica dulu banyak dikembangkan di Brasil dan Etiopia, tapi saat ini di bermacam bagian bumi, petani menanam serta menumbuhkannya. Tidak heran produksinya berlimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi jenis ini lebih mahal karena memiliki cita rasa yang istimewa, berlainan di tiap wilayah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bundar serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam pada ketinggian perkebunan di bawah 1.000 M MDPL dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih kuat serta kebal hama dan penyakit.

Adapun ciri khusus setidaknya kentara ialah tingkat kafein yang lebih tinggi, kisaran 1,7 hingga 4% jadi lebih pahit, dan keasamannya yang ringan. Harga kopi robusta lebih hemat karna rasa kopi varietas ini hampir sepadan. Memang ada pula kopi robusta yang nikmat, tapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai bebauan cokelat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta mampu tiga kali pemanenan dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di hawa rendah, sehingga dapat cepat panen" ujar Iwan.

Beberapa daerah yang terkenal oleh kopi robustanya di Nusantara yaitu Lampung, pula beberapa wilayah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal dan merasakan beraneka veretas kopi, bakal lebih hati-hati dalam memilah kopinya. Itulah penyebabnya kian banyak warung kopi yang menyediakan beragam varian kopi Arabika.
Walaupun demikian, masalah rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih kompleks. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan sesuatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah membaca tulisan di halaman Macam Kopi Di Indonesia – Jual Pembuat Kopi di IV Jurai, Pesisir Selatan, mudah-mudahan berguna.

0 comments