Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Singaparna

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Singaparna



Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Singaparna - Biar semakin berlimpah penikmat kopi yang mengidentifikasi beragam tipe kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih gak mengerti perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang terpenting pahit, ujar sebagian orang.

Sebenarnya citarasa kopi gak sesederhana itu, tapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi kebanyakan dipastikan banyak hal, mulai dari kelasnya, tempat peraniannya, lingkungan kanan-kirinya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Karena sebab itu, kendati berjenis sama, citarasa kopi Gayo Aceh dengan Toraja Sulsel contohnya, memiliki aroma serta cita rasa yang berbeda.

Kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta adalah jenis terbesar yang ada di tanah air serta dipakai di sebagian besar kedai kopi.

Namun, apakah anda semua telah paham keistimewaan dari dua varietas itu? Iwan Setiawan, pemenang Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 menjelaskan perbedaan keunikan Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, ujar Iwan, memiliki wujud bulir yang lebih panjang. Muatan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tapi menyandang peringkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik kalau ditanam di kebun perbukitan yang tinggi, antara 1.000 meter hingga 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu di lokasi penanaman juga hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe araica ini membutuhkan pemeliharaan yang lebih bagus sebab lebih rentan terkena penyakit karat daun terpenting jika ditanam di kebun dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam tiap panen pula gak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap semacam buah-buahan maupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya pun lebih halus dan penuh. Tidak heran harganya pun lebih mahal dibandingkan tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Negeri ini yakni kopi Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai timbul yaitu kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah dataran tinggi Gunung Raung.

Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Singaparna


Kopi Arabica dahulu banyak dikelola di Etiopia dan Brasil, tetapi saat ini di berbagai bagian dunia, petani menanam dan mengembangkannya. Tak heran produksinya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karna menyandang cita rasa istimewa, berbeda di tiap-tiap daerah tanam" tutur Iwan.

Untuk varietas Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat serta kerapkali lebih besar. Kopi robusta bisa ditanam dalam ketinggian perkebunan di bawah 1.000 meter di atas permukaan laut dengan temperatur udara berkisara 24 hingga 30 derajat Selsius. Tanaman kopi jenis ini lebih tangguh serta resistan penyakit.

Adapun ciri khusus paling menonjol yakni taraf kafein lebih tinggi, berkisara 1,7 sampai 4 persen jadi lebih pahit, serta keasamannya ringan. Harga kopi robusta lebih ekonomis gara-gara rasa kopi macam ini nyaris serupa. Memang ada juga kopi robusta yang enak, akan tetapi susah ditemui.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta mengarah menyandang bebauan cokat, kacang-kacangan serta tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karna ditanam di suhu rendah, sehingga dapat cepat panen" kata Iwan.

Beberapa wilayah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pun beberapa daerah penghasil kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang telah mengenal serta merasakan berbagai veretas kopi, bakal lebih berhati-hati dalam menyeleksi kopinya. Itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyajikan beraneka varian kopi Arabica.
Meski demikian, persoalan rasa merupakan selera sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih rumit. Kata peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang bisa diperdebatkan".

Thanks telah menyambangi informasi di halaman Macam-Macam Biji Kopi Indonesia – Kios Mesin Pembuat Kopi Di Singaparna, moga-moga berguna.

0 comments