Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Onlineshop Pembuat Kopi di Margorejo, Pati

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Onlineshop Pembuat Kopi di Margorejo, Pati


Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Onlineshop Pembuat Kopi di Margorejo, Pati - Walaupun makin banyak penikmat kopi yang menandai berbagai jenis kopi, tapi tidak sedikit pula yang ternyata masih tidak memahami perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar beberapa orang.

Padahal citarasa kopi tak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks serta kaya. Rasa kopi rata-rata dipastikan banyak hal, dari tipenya, lokasi penanamannya, lingkungan kanan-kirinya, juga pengolahan biji siap prosesnya. Itulah sebabnya, walau pun berjenis sama, rasa kopi wilayah Gayo dengan Toraja Sulsel umpamanya, mempunyai aroma dan flavour yang begitu berbeda.

Biji kopi sendiri memiliki jenis yang beraneka ragam, yaitu Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari macam tersebut, Arabica serta Robusta merupakan jenis terbesar yang terdapat di Indonesia dan digunakan di beberapa kedai kopi.

Tetapi, apakah anda semua sudah paham keistimewaan dari dua jenis tersebut? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 dan 2015 menggambarkan perbedaan karakter Arabica dan Robusta.

Kopi Arabica, kata Iwan, menyandang struktur batu lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabika pun lebih ringan, ialah 08 - 1,4 %, sehingga gak terlalu pahit tetapi mempunyai taraf keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik apabila ditanam di kebun dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di lokasi penanaman pun sebaiknya kirasan antara 14-24 drajat Selsius.

Tanaman kopi jenis arabika ini memerlukan pemeliharaan yang lebih bagus lantaran lebih rentan terkena hama karat daun terpenting jika ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam tiap penuaian juga tidak sebanyak kopi Robusta.

Kebanyakan kopi Arabica mempunyai bebauan yang sedap seperti buah-buahan ataupun bunga-bungaan. Beberapa disertai bebauan kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran kualitasnya pun jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang populer di Indonesia ialah Gayo, kopi Toraja, Wamena, beberapa kopi Bali dan kopi Flores, dan yang sekarang ramai bermunculan yaitu kopi-kopi Arabika dari dataran tinggi di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat dan Banyuwangi di wilayah Gunung Raung.

Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Onlineshop Pembuat Kopi di Margorejo, Pati


Kopi Arabica dahulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di berbagai bagian bumi, petani menanam lalu mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, ialah lebih dari 70% pasaran kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal gara-gara memiliki cita rasa khas, berlainan di tiap wilayah tanam" tutur Iwan.

Untuk macam Robusta, biji kopinya berupa lebih bundar serta acapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam pada ketinggian di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan temperatur udara kisaran 24 hingga 30 derajat Celsius. Tanaman kopi verietas ini lebih tangguh serta resistan hama & penyakit.

Adapun kekhasan paling jelas ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, berkisara 1,7 hingga 4 persen jadi lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih hemat sebab rasa kopi macam ini hampir sepadan. Memang terdapat juga kopi robusta yang sedap, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta mengarah memiliki bebauan cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta mampu tiga kali panen dalam 1 tahun, kondisi ini karena ditanam di hawa rendah, sehingga bisa lekas pemanenan" ujar Iwan.

Sebagian kawasan yang terkenal dengan kopi robustanya di Tanah Air antara lain Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Biasanya, seseorang yang pernah mengetahui serta merasakan bermacam veretas kopi, bakal lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya kian ramai kafe yang menyuguhkan berbagai varian kopi Arabica.
Kendati begitu, masalah rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang gemar kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Kata pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera tidaklah suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih sudah mengunjungi artikel di website Membuat Kopi Dengan Moka Pot – Onlineshop Pembuat Kopi di Margorejo, Pati, moga-moga ada manfaatnya.

0 comments