Manfaat Kopi Hitam Untuk Masker Wajah – Penjual Pembuat Kopi di Sungai Raya, Bengkayang

Manfaat Kopi Hitam Untuk Masker Wajah – Penjual Pembuat Kopi di Sungai Raya, Bengkayang



Manfaat Kopi Hitam Untuk Masker Wajah – Penjual Pembuat Kopi di Sungai Raya, Bengkayang - Walaupun kian berlimpah pecinta kopi yang mengidentifikasi beraneka macam tipe kopi, tetapi gak sedikit pula yang ternyata masih gak mengetahui perbedaan antara kopi arabica dan robusta. yang jelas pait, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tidak sesederhana itu, akan tetapi lebih kompleks dan kaya. Rasa kopi lazimnya ditentukan banyak hal, dimulai dari jenisnya, lokasi ditanamna, lingkungan sekitarnya, serta pengolahan biji siap prosesnya. Karena itu, kendati berjenis sama, cita rasa kopi Gayo serta Toraja misalnya, menyandang aroma serta flavour yang berbeda.

Tanaman kopi sendiri menyandang jenis yang beragam, adalah Arabica, Robusta, Liberica sampai Excelsa. Dari jenis itu, Arabica dan Robusta merupakan jenis mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warkop.

Tapi, apakah kalian semua sudah paham keunikan dari 2 varietas itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) di tahun 2014 juga 2015 menyatakan perbedaan karakteristik Arabica dan Robusta.

Kopi Arabika, tutur Iwan, menyandang wujud biji lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica juga lebih rendah, ialah 08 - 1,4 %, sehingga tidak terlalu pahit akan tetapi mempunyai tingkat keasaman yang lebih tinggi.
Kopi Arabica hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di lahan dataran tinggi, antara 1.000 meter sampai 2.000 M MDPL. Tingkat suhu di perkebunan juga sebaiknya berkisar antara 14-24 derajat Selsius.

Tumbuhan kopi tipe arabika ini memerlukan perawatan yang lebih bagus sebab lebih rentan terserang hama karat daun terpenting bila ditanam di perkebunan dataran rendah. Selain itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pula tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica mempunyai aroma yang sedap seperti buah-buahan maupun bunga-bungaan. Sebagian disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih lembut dan padat. Tak heran harganya juga jauh lebih mahal dibanding tipe kopi lainnya.

Jenis-jenis kopi Arabica yang kondang di Tanah Air yakni kopi Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini banyak timbul adalah kopi-kopi Arabica dari pegunugan di Pulau Jawa, semacam di Jawa Barat juga Banyuwangi di kawasan dataran tinggi Gunung Raung.

Manfaat Kopi Hitam Untuk Masker Wajah – Penjual Pembuat Kopi di Sungai Raya, Bengkayang


Kopi Arabika dulu ramai dikembangkan di Brasil dan Etiopia, akan tetapi sekarang di berbagai bagian bumi, orang menanam lalu mengembangkannya. Tidak heran hasil panennya melimpah, yaitu lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi tipe ini lebih mahal karena menyandang cita rasa spesial, berbeda di tiap-tiap kawasan tanam" kata Iwan.

Untuk jenis Robusta, biji kopinya berupa lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta dapat ditanam dalam ketinggian lahan di bawah 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa kisaran 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi jenis ini lebih tangguh serta tahan hama dan penyakit.

Adapun kekhasan paling gamblang yaitu tingkat kafein lebih tinggi, kisaran 1,7 sampai 4% jadi lebih pahit, serta keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih ekonomis karena rasa kopi macam ini nyaris sama. Memang ada juga kopi robusta yang nikmat, tapi sulit dijumpai.

Rasa yang timbul dari racikan kopi robusta cenderung memiliki aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa tiga kali panen dalam setahun, hal ini sebab ditanam di temperatur udara yang rendah, maka bisa lekas pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang tersohor oleh kopi robustanya di Tanah Air yakni Lampung, juga beberapa kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, serta Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, seseorang yang telah mengetahui dan merasakan bermacam jenis kopi, akan lebih selektif dalam memilah kopinya. Hal itulah sebabnya makin banyak kafe yang menyediakan beraneka varian kopi Arabika.
Meski demikian, persoalan rasa adalah cita rasa kegemaran sendiri-sendiri orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang gemar lebih rumit. Tutur peribahasa, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukan suatu yang dapat diperdebatkan".

Terima kasih telah mengunjungi risalah dalam halaman Manfaat Kopi Hitam Untuk Masker Wajah – Penjual Pembuat Kopi di Sungai Raya, Bengkayang, moga-moga berguna.

0 comments