Meracik Kopi Yg Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Banggai Kepulauan

Meracik Kopi Yg Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Banggai Kepulauan


Meracik Kopi Yg Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Banggai Kepulauan - Meski semakin ramai penikmat kopi yang mengenali beragam jenis kopi, akan tetapi tak sedikit pula yang ternyata masih tak mengenal perbedaan kopi arabica dan robusta. yang jelas pahit, ujar sebagian orang.

Padahal citarasa kopi tak sesimple itu, tapi lebih komplek dan kaya. Rasa kopi rata-rata ditentukan penuh perihal, mulai dari tipenya, tempat peraniannya, lingkungan sekelilingnya, dan pengolahan biji siap prosesnya. Itu sebabnya, walaupun berjenis serupa, rasa kopi wilayah Gayo dan Toraja Sulsel contohnya, mempunyai aroma dan cita rasa yang berlainan.

Kopi tu sendiri mempunyai jenis yang beraneka ragam, yakni Arabica, Robusta, Liberica hingga Excelsa. Dari ragam tersebut, Arabica serta Robusta ialah verietas mayoritas yang ada di negeri ini serta digunakan di beberapa warung kopi.

Akan tetapi, apakah anda semua telah paham keistimewaan dari 2 jenis itu? Iwan Setiawan, juara Indonesian Latte Art Championship (ILAC) pada tahun 2014 dan 2015 mengatakan perbedaan keunikan Arabica juga Robusta.

Kopi Arabica, tutur Iwan, menyandang rupa butir lebih panjang. Kandungan kafein kopi arabica pun lebih ringan, yakni 08 - 1,4 %, sehingga tak betul-betul pahit namun menyandang peringkat keasaman lebih tinggi.
Kopi Arabika hanya tumbuh dengan baik bila ditanam di perkeunan perbukitan yang tinggi, antara 1.000 M sampai 2.000 M di atas permukaan laut. Tingkat suhu di lahan kopi pun hendaknya berkisar antara 14-24 derajat Celsius.

Tumbuhan kopi jenis arabika ini membutuhkan perawatan yang lebih baik karna lebih rentan terserang hama karat daun terpenting seandainya ditanam di lahan dataran rendah. Tidak cuma itu, jumlah biji kopi dalam setiap panen pun tak sebanyak kopi Robusta.

Biasanya kopi Arabica memiliki aroma yang wangi seperti buah-buahan atau bunga-bungaan. Beberapa disertai aroma kacang-kacangan. rasanya juga lebih halus dan padat. Tak heran harganya pun jauh lebih mahal ketimbang jenis kopi lain.

Jenis-jenis kopi Arabica yang ternama di Tanah Air yakni Gayo, Toraja, kopi Wamena, sebagian kopi Bali dan kopi Flores, dan yang saat ini ramai muncul yakni kopi-kopi Arabica dari dataran tinggi di Pulau Jawa, seperti di Jawa Barat dan Banyuwangi di daerah Gunung Raung.

Meracik Kopi Yg Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Banggai Kepulauan


Kopi Arabica dulu ramai dikelola di Etiopia dan Brasil, akan tetapi masa ini di beragam belahan bumi, orang menanam serta mengembangkannya. Tak heran hasil panennya melimpah, yakni lebih dari 70% pasar kopi dunia.
"Kopi macam ini lebih mahal sebab mempunyai cita rasa yang khas, berlainan di tiap-tiap daerah penanaman" kata Iwan.

Untuk tipe Robusta, biji kopinya berbentuk lebih bulat lalu kerapkali lebih besar. Kopi robusta sanggup ditanam pada ketinggian lahan kurang dari 1.000 M di atas permukaan laut dengan hawa berkisara 24 sampai 30 derajat Celsius. Tumbuhan kopi verietas ini lebih tangguh juga resistan hama & penyakit.

Adapun keunikan paling jelas ialah peringkat kafein yang lebih tinggi, antara 1,7 sampai 4 persen sehingga lebih pahit, dan keasamannya yang rendah. Harga kopi robusta lebih murah karna rasa kopi jenis ini hampir serupa. Memang ada pula kopi robusta yang enak, tetapi susah didapati.

Rasa yang muncul dari racikan kopi robusta cenderung mempunyai aroma cokat, kacang-kacangan dan tanah. "Robusta bisa 3 kali panen dalam 1 tahun, perihal ini lantaran ditanam di suhu rendah, maka bisa cepat pemanenan" kata Iwan.

Sebagian daerah yang ternama oleh kopi robustanya di Tanah Air ialah Lampung, pula sebagian kawasan berkomoditi kopi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

Rata-ratanya, orang yang pernah mengenal serta merasakan berbagai jenis kopi, akan lebih berhati-hati dalam memilah kopinya. Hal itulah penyebabnya semakin ramai kedai kopi yang menyediakan bermacam varian kopi Arabica.
Walaupun begitu, persoalan rasa merupakan selera masing-masing orang. Ada yang suka kopinya pahit, ada yang suka lebih kompleks. Tutur pepatah, "De gustibus non est disputandum" atau "selera bukanlah suatu yang dapat diperdebatkan".

Thanks sudah membaca tulisan dalam website Meracik Kopi Yg Enak – Toko Online Pembuat Kopi di Banggai Kepulauan, moga-moga berpengaruh.

0 comments